PT Pentanindo Agro Pratama, PT dengan sejuta tandatanya

Jika ditelusuri di Arsipnya  sisminbakum maka kita dapati informasi bahwa PT Pentanindo Agro Pratama berkedudukan di Kota Bekasi, dengan lingkup usaha di bidang perdagangan, perindustrian, pertanian dan jasa.  PT ini tidak memiliki website, tapi hanya memiliki sebuah blog, dan itu pun sudah tidak terurus lagi, sehingga kita sulit mendapatkan informasi yang mendetail tentang PT Pentanindo Agro Pratama. Postingan terakhir di blog itu pada Juli 2008. Konon kabarnya PT ini beroperasi di daerah Jawa Barat paling selatan, yaitu Kabupaten Ciamis. Konon kabarnya pula PT ini bergerak di dalam bidang usaha perkebunan. Untuk mengoperasikan kegiatan usahanya PT Pentanindo Agro Pratama  akan dan sedang melakukan perekrutan calon karyawan/pegawai sejak tahun 2007. Syarat pendidikan yang diperbolehkan melamar ke PT tersebut sangat fleksibel, dari lulusan SD sampai dengan Sarjana (mungkin sampai S-4, jika ada). Konon kabarnya Syarat pendidikan tidak lah penting, yang paling penting adalah fulus.

Teman saya—sebut saja Muhammad AJ—adalah salah satu dari sekian ribu orang calon karyawan/pegawai PT Pentanindo Agro Pratama. Pada bulan April 2007 ditawari oleh temannya dari lain desa untuk bergabung menjadi calon karyawan PT tersebut. Muhamad AJ adalah seorang perjaka desa yang masih ABG dan baru mengantongi ijazah SMP (Sekolah Menengah Pertama). Dengan ijazah SMP Muhammad AJ dijanjikan pekerjaan sebagai Mandor dengan gaji pertama RP 2.000.000 (dua juta rupiah) ini angka yang lumayan besar bagi seorang lulusan SMP yang tinggal di pedesaan, ini jelas melebihi UMP Provinsi jawa barat yang saat itu masih dibawah Rp700.000.  Andai saja Muhammad AJ dan kawan-kawan lebih cerdas sedikit mungkin mereka tidak sampai menjadi “korban” PT Pentanindo Agro Pratama. Sayangnya mereka saat itu masih polos sehingga ketika mereka dimintai sejumlah uang oleh orang yang menamakan diri sebagai koordinator, Muhammad AJ dan kawan-kawan berusaha sekuat mungkin untuk memenuhi permintaan itu demi gaji Rp 2.000.000. yang belum pasti. Muhammad AJ bukanlah orang yang bergelimang harta, ia diharuskan membayar RP……..namun setelah tawar menawar akhirnya disepakati Rp 7.000.000, dibayar tunai.

Setelah uang diserahkan kepada koordinator perekrutan karyawan, Muhammad AJ dan kawan-kawan dijanjikan akan mulai bekerja pada awal Agustus tahun 2007 dengan didahului test kesehatan, diklat selama dua hari dua malam, dan pembagian SK (Surat Keputusan).

Bulan Agustus 2007 yang dijanjikan telah tiba, tes kesehatan dan diklat pun sudah dilakukan namun pekerjaan itu belum kunjung tiba. Apa alasannya? Lahan belum dibebaskan, dan sedang menunggu investor mencairkan modalnya. Alasan ini dapat diterima oleh Muhammad AJ dan kawan-kawan—mungkin karena bahasanya sedikit menghibur “Pembebasan Lahan” dan “Investor”. Sambil menunggu pembebasan lahan dan para investor menanamkan modalnya, para calon karyawan diminta untuk selalu memonitor pengumuman dan sering kali diminta datang ke kantor PT Pentanindo Agro Pratama yang berada di Jl. Inpres No.188 Ciamis, Jawa Barat. Muhammad AJ tidak tinggal di Ciamis, karena dia memang bukan orang Ciamis melainkan orang Brebes. Untuk menempuh perjalanan dari Kabupaten Brebes ke Ciamis sedikitnya membutuhkan waktu 6 jam dan biaya Minimal Rp 50.000. Dan ini dilakukan oleh Muhammad AJ  dan kawan-kawan berulang-ulang sejak Tahun 2007 hingga kini (Oktober 2010). Subhanallah. Sekali lagi saya katakan—Seandainya Muhammad Aj dan kawan-kawan lebih cerdas sedikit aja, mungkin ini tak perlu terjadi.

Apa boleh dikata, Muhammad AJ sudah terlanjur mengeluarkan Uang hasil jerih payahnya menjual 10 ekor kambing ternak dan perhiasan Ibunya, menunggu 4 tahun lamanya, pulang pergi antara Brebes-Ciamis. Kini Muhammad AJ hanya bisa menyesali kekeliruannya, sungguh kasihan dia.

Himbauan

Bagi saudara-saudaraku yang membaca tulisan ini,  dimohon untuk berbagi informasi tentang PT Tersebut agar kekeliruannya tidak bertambah banyak.

19 Responses

  1. mau ikut comment nih,setau saya Pt ini sah kok secara hukum krn sudah dikukuhkan dinotaris tdk ada yg perlu dipertanyakan… namanya jg merintis perusahaan besar tidak segampang sprti membuka warung atau toko asal kita pnya modal kita bs lgsung buka.. ini mnyangkut penanaman kayu jati yg memerlukan lahan beribu hektar dan itu ga gampang prosesnya apalagi dgn pembebasan lahan hrs benar2 dikroscek tanah itu pny siapa jgn smpai mmbeli tanah sengketa yg akan merugikan perusahaan dikemudian hari dan itu btuh wktu yg lama,Investor pun g kan semudah itu mengeluarkan uang klo datanya blm jelas,klo PT ini cm fiktif belaka bt apa mlibatkan bnyk pejabat yg ada didaerah ciamis brarti kan PT ini legal secara hukum… untuk muhamad aj saran sy bersabar saja bersakit-sakit dahulu bersenang kemudian,dan untuk pr karyawan PT.Pentanindo Agro Pratama yg mrasa tertipu atau dirugikan knp g mncari info lgsung ke sumbernya,mungkin itu lbh baik drpd mndengar kbr yg tak pst yg beredar diluar sana,untuk muhammad aj jgn tkut tertipu dan g jd bekerja krn anda sdh dpt SK berarti sejak SK dikeluarkan anda sdh dpt gaji dan akan dibayarkan setelah PT ini berjalan.. Subhanallah klo PT ini sdh mulai jalan brarti mmbantu mengurangi pengangguran dan membuka lapangan pekerjaan… (ga ada pekerjaan yg tak beresiko smua btuh pengorbanan)

  2. ikut koment juga ah…..! meskipun sudah ada akta notaris, toh itu bisa dibeli. uang yang untuk beli akte tsb adalah uang asli,karena para cakar(calon karyawan) adalah asli. merintis juga sangat jauh dari prosedur. yang namanya merintis perusahaan itu mestinya diawali dengan tim ahli terhadap bidang usaha yang akan dijalankan. bukan orang2 seperti hendy, sugi, dadang, amin dkk…. yang kredibilitasnya masih dipertanyakan seperti keberadaan pt-nya….! setelah tim ahli sedah merancang dan siap semua(termasuk dana) baru rekrutment, jd tidak lama bs jalan.singkatnya begitu.mau kayu jati atau pohon uang sekalipun,investor juga ga bakalan tertarik. saya kasih gambaran ya…. sebuah panitia HUT misalnya. panitia atau tim ahli akan menggodok dulu mengenai agenda yang akan dilaksanakan,termasuk kebutuhan anggarannya. nah, setelah jadi,baru bergerak mencari dana. setelah semua siap, barulah memberikan pengumuman kepada masyarakan untuk ikut berpartisipasi (kalo pt ya…rekrutment lah….). yang seperti ini, kemungkina berjalannya agenda sanga t besar dibanding gagalnya. bila suatu kegiatan telah direncanakan dan siap. pasti tidak butuh waktu lama untuk menunggu deadline pelaksanaan (karyawan bekerja tanpa menunggu lama,kalopun tunggu ga sampai 4 taon kaleeeeeee….). Nah kenapa pt ini tidak berjalan/cuma jalan ditempat/madeg…..??? itu sudah pasti karena dananya tidak pernah ada. bahkan untuk kegiatan pt yang notabene untuk karyawan pun dananya berasal dari karnyawan itu sendiri. ini tebukti bila ada cakar yang mengundurkan diri,terkena potongan sebesar Rp.1.250.000,- artinya pt ini tidak bergerak dalam bidang kayu jati/perkebunan/PHI, melainkan usaha merayu dengan angin surga sehingga berakibat orang tertipu dan terkuras uangnya. BETUL…..? FIKTIF atau tidak itu tidaklah penting. pejabat yang diundang itu tidak bisa dijadikan ukuran pak….! karena mereka datang bukan untuk menyaksikan saja,tetapi menunggu AMPLOP yang akan dibawanya seusai acara. BETUL…..? dan acara yang dibuat yang melibatkan pejabat tsb, memang diseting sedemikian rupa agar mempaeroleh kepercayaan bagi orang-orang seperti muhamad aj.BETUL….? UNTUK muhamad aj, segeralah bangun dari buaian yang tidak jelas itu. bila informasi ditanyakan kepada yang bersangkutan,itu hanya buag energi saja. toh pastinya akan dikasih sepoi-sepoi angin surga lagi. apa ga cape….? ngga umum kan nunggu kerja sampai 4 taon. kalo pt yang bener dan asli. ada ketentuan diterima atau tidaknya dunk….! lah wong General Chek-Up aja cuma diambil darah dan urin tok ko…biayanya 1.250.000…..? ora umum. general chekup itu ya mestinya ada tes gula,kolesterol,EKG,tes mata,telinga dll deh….wong saya jg pernah. pokoke wagu banget gicu loch…..! Kalo pt ini jalan,pengangguran berkurang….? ya KALAU jalan pak….! lah jalanya kapan….? kalo PT bisa kasih hari,tanggal,bulan dan tahun kapan karyawan mulai bekerja, wow…itu baru mending…..! tapi itu mustahil, SK yang diterbitkan pun mengalami amandemen.ini sangan wagu sekali……. boro-boro dapet gaji, ditanyakan ke ahlinya saja mereka tertawa. apalagi bisa digadaikan di BANK… subhanalloh…. pembohong BESAR itu….

  3. sungguh komentar2 yang rruarr biasa,,,,kalo aku sih gak bisa komentar banyak,,,,,cuma heran aja,,,,,gene hare masih ada aja tukang tipu yang bebas gentayangan……apakah sepolos itu orang yang hidup di kampung?????

  4. Apan itu kalo ngomong tidak pernah tepat, selalu update setiap saat. Sekarang ngomong A, bulan depan udah ganti ngomong B. Yang lebih fantastis lagi, hp orang-orang pentanindo juga selalu ganti, bagaimana kita mau menghubungi?
    Saya akui kelicikan apan itu memang luar biasa, kalo ngomong seakan-akan berisi hingga cakar merasa ada harapan. Benar asumsi tetangga sekitar apan. Mereka bilang bahwa apan itu udah lama jadi penipu, dan kenyataan yang sekarang memang seperti itu.
    Saya doakan, semoga apan secepatnya di panggil oleh Yang Maha Kuasa. Manusia seperti apan tidak pantas di hormati.

  5. betul sekali atas comentarnya sobat2 ku semua,emang PT.petanindo ini gak masuk di akal,bayangkan saja saya menunggu pekerjaan ini dari saya masih bujangan sampai saya udah punya istri&anak 1,(hampir 5 thn lebih).bayangkan saja yg ikut mendaftar ke petanindo itu gak cuma saya aja istri saya adik saya&2 tmn saya,semuanya mengunakan uang masuk sebesar 10 juta satu orang nya,bayangkan saja saya ma tmn2 semua dah berapa uang yg telah masuk petanindo makanya saya memutuskan untuk kelur dari pentanindo,tapi apa yg terjadi org yg menerima uang saya malah kabur entah di mana,sebut saja pak engkos org meganti jabar,org yg gak bertanggung jawab cuma janji2&bualan gak pernah pas ucapan nya,semoga org2 tsb mendapatkan balasan dari ALLOH swt atas perbuatan nya

  6. hfuhuhhhj

  7. dari cerita semuanya bikin sesek nafas ya,, tp percayalah alloh swt maha segala-galanya,, hidup tak luput dari permasalahan,,

  8. ADUUUUCH MANA YANG BNAR DAN MANA YANG NGGA COS AAKU JUGA SALAH SATU ORANG YANG DAFTAR DI SINI

  9. Kalo kasusnya ky gini kan udah melanggar hukum,
    trus knpa ga ada penanganan dr pemerintah atau kalo enggak dr pihak yg berwajib??

  10. H.Apan Sopandi Usin,, Presdir PT.Pentanindo Agro Pratama.. Pernah menikah sirih dan memiliki anak perempuan dari istri ke-2nya, Azzahra Nurciptaningtyas usia 1thn, ke anaknya saja sudah lepas tanggungjawab yg cuma untuk beli susu tak seberapa, apa lg untuk perusahaan yg membutuhkan dana besar,, sekarang tu bukan waktunya berhalusinasi, kalau tidak ada bukti apa yg mesti dinanti,,! Yg real aja brow,, ngelamar kerja ko ke perusahaan yg tidak pasti,,

  11. jgn percaya sebelum terbukti,, ikuti kata hati,, kl ragu lebih baik mundur,, dari pada waktu habis utk menunggu sesuatu yg tidak menentu,,

  12. y semoga semuanya mendapat balasan yg setimpal sesuai dengan apa yg telah dilakukan…
    Aku dah dftar 2007…menunggu..dan menunggu…g tahan akhirny mundur 2008, dana yg aku masukkan kepotong hmpir 4 juta…blom lagi ongkos wara-wiri..
    pokokny wowwww….

  13. smoooga yang mndirikan pt ituu orangnya cpt mati..dan mati yg sangat mengenaskan’trutama afan sopandi.orang itu seprti ANJING ….dan jika swatu saat nanti saya brtemu dg afan sopandi.sy akn bunuh dia.pecamkan bwt afan.jgn remehkan saya..hidup anda ga akn tenang kmanapun km prgi..dan doa saya akn sll jlek bwt anda.ANDA JUAL SAYA BELI..!!!!!!!

  14. saya merasa sangat kecewa dengan orang2 yg saya kenal yang mengenalkan saya dari pertama yg bernama pt baro maharpa.lalu ganti nama lg menjadi hyip.kemudian jadi pt pentanindo agro pratama.sampai sekarang belun ada kejelasan sedikitpun.bagi temen2 yg tau dan jd korban seperti saya tolong kasih saya no hp dari koordinator bumiaya paguyanyan bp sugito.dan juga no bpk apan sopandi selaku pimpinan.

  15. Mau tau siapa sebenarnya afan sopandi,, Add Ai Banowati, mantan istri muda afan sopandi

  16. Dulu disayang, sudah punya anak malah ditendang,, Mana tanggung jawabmu sbg seorang ayah,, untuk jadi manusia kau terlalu istimewa, Iblis z aku belum denger nelantarin anaknya.

  17. Bagi yag merasa tertipu kenapa tdk lapor? jika Anda / Kalian merasa korban laporkan saja. Saya adalah satu dari jutaan korban PT. Pentanindo Agro Pratama dari tahun November 26 , 2012 dan saya serta teman2 saya di sini sedang mencari saksi karena bukti yang kami miliki kurang. Di mohon kerjasamanya.

    hudapriakusuma@ymail.com
    hudapriakusuma@gmail.com
    aktf 24 jam

  18. orang nya itu2 saja…wes kenyang dengan modus seperti ini………

  19. mari kita habisi apan sopandi beserta anak dan istrinya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: